SUKSES MEMBUAT BISNIS MODEL CANVA

Shella Marina Sinaga

1 orang menyukai ini
Suka
Summary

Bagi bisnis yang didirikan untuk tujuan maksimalisasi laba yang paling penting dipikirkan berapa lama pengembalian dana yang ditanam di bisnis tersebut agar segera kembali. Sehingga sebelum bisnis dijalankan terlebih dahulu perlu dihitung apakah bisnis yang akan dijalankan benar-benar dapat mengembalikan uang yang diinvestasikan dalam bisnis tersebut dalam jangka waktu tertentu dan dapat memberikan laba finansial lainnya seperti yang diharapkan. Selain itu juga bisa memberi manfaat bagi karyawan/anggota organisasi yang bekerja pada bisnis tersebut, dan masyarakat sekitar.

Description

Business Model Canvas adalah sebuah model bisnis gambaran logis mengenai bagaimana sebuah organisasi menciptakan, menghantarkan dan menangkap sebuah nilai (Osterwalder, 2010). Canvas ini membagi business model menjadi 9 buah komponen utama, kemudian dipisahkan lagi menjadi komponen kanan (sisi kreatif) dan kiri (sisi logik). Persis seperti otak manusia. Ke sembilan komponen yang ada tersebut adalah sebagai berikut, (diurut dari kanan ke kiri).Customer Segment, Customer Relationship, Customer Channel, Revenue Structure, Value Proposition, Key Activities, Key Resource, Cost Structure, dan Key Partners. . 

  1. Customer Segment (CS) yaitu menentukan segmen target customer dari bisnis yang akan dikembangkan. Posisikandiri pada sisi customer untuk memperhatikan apa yang dilihat, didengar, dipikirkan dan dilakukan, menjadi keinginan dan tujuan, rasa takut, dan harapan.
  2. Value Proposition (VP) yaitu memperkirakan kebutuhan customer yang sudah diidentifikasi pada customersegment. Berdasarkan kebutuhan itu, selanjutnya dapat didefinisikan value (nilai) apa yang akan diberikan agar mampu memenuhi kebutuhan customer. Value yang diberikan itu akan menjadi nilai inti dari kegiatan bisnis.
  3. Customer Relationship (CR) yaitu mendefinisikan hubungan antara perusahaan dan customer.Macam-macam jenis hubungan mulai dari memberikan bantuan personal perorangan kepada setiap customer, dengan memanfaatkan komunitas, atau bahkan berupa ‘selfservice’, yaitu tidak berhubungan langsung dengan customer.
  4. Channel (CH) yaitu cara untuk mencapai customer. Channel ini adalah jalur antara perusahaan dengan customer, bagaimana delivery dari value yang diberikan akan mampu mencapai customer dengan baik.
  5. Revenue Stream (RS) yaitu representasi dari jalur penerimaan uang yang akan diterima dari setiap customer segment. Definisikan cara tertentu untuk menghasilkan revenue dari setiap customer segment.
  6. Key Resource (KR) adalah Sumber Daya Utamayang menjelaskanmengenai aset terpenting yang diperlukan dalam membuat model bisnis kerja.Setiap model bisnis memerlukan Sumber Daya Utama.Sumber DayaUtama akan memungkinkan perusahaan untuk membuat dan melebihi Proposisi Nilai, mencapai pasar, memelihara hubungan denganSegmenPelanggan, danmemperoleh pendapatan.
  7. Key Activities (KA) adalah Kegiatan Utama yang menjelaskan hal terpenting yaitu perusahaan harus membuat model bisnis. Setiap model bisnis dibuat untuk sejumlahKegiatan Utama. Hal ini merupakan tindakan yang paling penting bagi perusahaan sehingga harus maksimal untuk dapat menghasilkan operasi yang berhasil. Seperti Kunci Sumber Daya, diwajibkan untuk membuat dan melebihi Proposisi Nilai, Pencapaian pasar,mempertahankan Hubungan Pelanggan,dan pendapatan yang diperoleh, seperti Kunci Sumber Daya, kegiatan tergantung pada jenis model bisnis. Untuk perangkat lunak pembuat Microsoft, kegiatan utama meliputi pengembangan perangkat lunak. Untuk produsen PC Dell, kegiatan utama meliputi rantai pasokan manajemen. Untuk konsultasi McKinsey, kegiatan utama meliputi pemecahan masalah..
  8. Key Partners (KP) adalah Kunci Kemitraan yang menjelaskan jaringan pemasok dan mitra yang membuat pekerjaan model bisnis. Perusahaan menjalin kemitraan untuk banyak alasan, dan kemitraan menjadi landasan model bisnis.Perusahaan membentuk aliansi untuk mengoptimalkan model bisnisnya, mengurangi resiko, atau memperoleh sumber daya. Ada empat jeniskemitraan: • Strategialiansi antara non-pesaing • Strategikemitraan antara pesaing (Coopetition) • Usaha bersama: usaha untuk mengembangkan bisnis baru • Hubungan Pembeli-Pemasok untuk menjamin pasokan yang dapat diandalkan
  9. Cost Structure adalah Struktur Biaya yang menggambarkan semua biaya yang dikeluarkan dalam mengoperasikan model bisnis ini. Blok bangunan ini menjelaskan biaya yang paling besar terjadi antara biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat menghasilkan Value Proposition yang ditujukan padaCustomer Segmentssehingga didapatRevenue Stream. Biaya tersebut dapat dihitung relatif mudah setelah mendefinisikan Sumber DayaUtama,Kegiatan Utama, dan Kunci Kemitraan.Gambar 1 berikut ini merupakan contoh Business Model Canvas, yang terdiri dari 9 Building Blocks.