Kelas Gratis
+100 Kelas GRATIS untuk membantu kamu memulai belajar seputar Design Engineering dan Teknologi Manufaktur
Mulai BelajarEnginer Class
+30 Enginer Class untuk membantu meningkatkan skills kamu seputar Design Engineering dan Teknologi Manufaktur
Mulai BelajarEnginer Bootcamp + OJT
Program Enginer Bootcamp + On Job Training untuk membantu kamu membangun portofolio industri bidang Design Engineering dan Teknologi Manufaktur
Mulai BelajarLearning Path
Membantu menemukan pola dan path belajar terbaik bidang Design Engineering dan Teknologi Manufaktur
Mulai BelajarChallenge
Untuk saat ini Fitur Challenge dari dr.Mekanik masih dalam tahap pengembangan, stay tuned!
Kampus Merdeka
dr. Mekanik Academy berpengalaman dalam melatih mahasiswa magang dan studi independen bersertifikat (MSIB) batch 3 dan batch 4 dengan total lulusan lebih dari 1000 peserta dari seluruh Indonesia.
Mulai BelajarProgram prakerja
Kembangkan skill dan kompetensi kamu melalui Program Prakerja dr.Mekanik Academy, dan dapatkan banyak benefit menarik lainnya.
Mulai BelajarCustom Corporate Training
Ikuti pelatihan dr. Mekanik Academy melalui program Custom Corporate Training
Mulai BelajarSertifikasi BNSP
Pilih pelatihan dan sertifikasi Nasional BNSP di bidang Bidang Engineering, Migas, IoT.
Lihat SemuaSertifikasi Internasional
Pilih pelatihan dan sertifikasi Internasional di bidang Bidang Engineering, Migas, IoT.
Lihat SemuaNovrizal Ferdyansah Alfariz
file audio yang dimiliki kemudian dapat di visualisasikan sesuai dengan pitch ataupun frekuensi serta satuan waktu tertentu menggunakan library librosa di bahasa pemrograman python
Tahap pertama untuk memulai visualisasi suara yaitu mengunduh sebuah contoh file audio dengan format WAV. Semua jenis audio dapat digunakan tanpa terkecuali asalkan format yang digunakan tetap WAV. Kemudian setelah itu buka google colaboratory untuk menuliskan kode programnya.
Import terlebih dahulu dataset yang dalam kasus kali ini berupa file WAV nya.
Selain itu, import juga library yang dibutuhkan untuk memvisualisasikan suara seperti gambar diatas.
Kemudian buat penulisan kode untuk menampilkan/memvisualisasikan suara menggunakan kode diatas sehingga menghasilkan gambar diatas yang menunjukan sumbu x sebagai satuan waktu dan sumbu y sebagai pitch atau tangga nada.
Selain itu sumbu y dapat diubah menjadi frekuensi dalam satuan Hz, selain itu warna dari chromagram juga dapat diubah baik dari coolwarm, grey ataupun magma.