Program upgrade skill di bidang engineering, dari dasar hingga mahir.
Program khusus melalui platform mitra resmi dokter mekanik academy seperti Udemy, Prakerja, dan Kampus Merdeka.
Sertifikasi BNSP
Pilih pelatihan dan sertifikasi Nasional BNSP di bidang Bidang Engineering, Migas, IoT.
Lihat SemuaSertifikasi Internasional
Pilih pelatihan dan sertifikasi Internasional di bidang Bidang Engineering, Migas, IoT.
Lihat SemuaTemukan inspirasi dari hasil karya dan pengalaman para alumni dr. Mekanik Academy.
dr. Mekanik Academy tersedia di berbagai platform mitra resmi untuk memudahkan akses pelatihan Anda.
Jelajahi produk dan layanan lainnya dari ekosistem dr. Mekanik untuk solusi bisnis yang komprehensif.
Membantu anda menjawab pertanyaan seputar engineering
Enroll dan selesaikan course untuk makin banyak dapat token!
Chasis merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Chasis sendiri berfungi sebagai tempat menopang mesin dan juga bagian-bagian yang ada dalam kendaraan. Dalam pembuatan chasis tentu diperlukan bahan material yang memiliki tingkat kekuatan yang tinggi.
Chasis merupakan kerangka dasar yang membuat dan menopang mesin dan bagian badan kendaraan mobil dapat bersatu menjadi kesatuan yang utuh. Chasis dapat diartikan sebagai tulang pada manusia. Oleh karena itu, chasis merupakan komponen yang sangat penting dalam membuat suatu kendaraan. Chasis sendiri terdapat dua jenis yaitu chasis leader frame dan juga monoque.
Sasis model ini terlebih dahulu populer di dunia otomotif. Nama ladder frame ini digunakan lantaran desainnya menyerupai tangga. Di beberapa kalangan, menyebutnya dengan istilah body on frame. Sasis ladder frame menggunakan dua buah batang besar yang diikat oleh cross-member pada bagian depan, tengah dan belakang. Kelebihan utama dari sasis model ini adalah lebih mudah dan murah untuk diproduksi. Tak hanya itu, konstruksi ladder frame juga memberikan ground clearance (dimensi kolong mobil) lebih tinggi serta lebih fleksibel dan kuat untuk menahan beban. Karena keunggulannya tersebut, sasis ladder frame kerap digunakan pada kendaraan seperti truk, pick-up hingga SUV yang berorientasi untuk off-road.Namun di balik itu, sasis ladder frame juga menyimpan kekurangan. Pertama, karena konstruksi sasis dan bodi yang terpisah, membuat bobot keseluruhan menjadi lebih berat.
Sasis model ini merupakan pengembangan lebih lanjut pada dunia otomotif. Monokok menganut konstruk antara sasis yang menyatu dengan body. Sehingga kada juga disebut dengan istilah unibody. Hal tersebut menjanjikan peningkatan pada kenyamanan dan handling kendaraan. Sehingga hampir semua mobil modern mengaplikasi sasis monokok. Di balik keunggulannya tersebut, sasis monokok juga punya sedikit kelemahan. Pertama adalah konstruksi yang lebih rumit, membuat ongkos produksi semakin tinggi. Selain itu, desain konstruksi monokok membuat ground clearance juga lebih terbatas, sehingga kurang cocok untuk diaplikasi untuk kendaraan off-road. Tak hanya itu, kemampuannya untuk menopang bobot berat juga tak sebaik sasis ladder frame. Maka dari itu, model yang umum menggunakan monokok adalah jenis sedan, hatchback, MPV , crossover hingga sportscar.
Referensi :