Kelas Gratis
Tersedia lebih dari 100 course GRATIS terkait CAD, CAM, CAE, Konstruksi, IoT, dan Engineering Lainnya. Dapatkan sertifikat kelulusannya setelah kamu menyelesaikan tugas akhir dan quiznya.
Mulai BelajarEnginer Class
Program pelatihan mandiri dengan metode Asynchronous Learning via platform dr. Mekanik Academy untuk melatih kamu menjadi engineer professional yang kompetensinya tervalidasi dengan Credential Digital Certificate dan Credential Digital Badge.
Mulai BelajarEnginer Bootcamp + OJT
Program Pelatihan Intensif dan On Job Training selama 1 Bulan penuh secara LIVE SESSION ONLINE langsung dengan instruktur untuk belajar dan membangun portofolio di bidang Engineering dari DASAR sampai MAHIR yang tervalidasi dengan Credential Digital Certificate dan Credential Digital Badge.
Mulai BelajarLearning Path
Jadi Engineer Professional melalui Learning Path dr. Mekanik Academy. Tersedia berbagai track learning dari DASAR sampai Professional di bidang CAD, CAM, CAE, Konstruksi, IoT, dan Engineering Lainnya.
Mulai BelajarKampus Merdeka
Ikuti program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) terkait Teknologi Engineering selama 1 semester di dr. Mekanik Academy secara GRATIS
Mulai BelajarProgram prakerja
Ikuti pelatihan terkait CAD, CAM, CAE, Konstruksi, IoT, dan Engineering Lainnya secara GRATIS di dr. Mekanik Academy menggunakan Kartu Prakerja kamu. Dapatkan juga bonus insentif karir dari dr. Mekanik Academy!
Mulai BelajarCorporate Training Program
Tingkatkan Kompetensi dan Kemampuan Karyawan Anda dengan Pelatihan dan Sertifikasi Teknik dan Engineering Terbaik di dr. Mekanik Academy!
Mulai BelajarSertifikasi BNSP
Pilih pelatihan dan sertifikasi Nasional BNSP di bidang Bidang Engineering, Migas, IoT.
Lihat SemuaSertifikasi Internasional
Pilih pelatihan dan sertifikasi Internasional di bidang Bidang Engineering, Migas, IoT.
Lihat SemuaSehat Mudah
Jadi praktisi kesehatan andal bersama Sehat Mudah! Yuk, mulai perjalanan sehat Anda bersama kami sekarang!
Lihat SemuaSoftware House dan System Development
Solusi digital inovatif yang menghadirkan pengembangan perangkat lunak dan sistem sesuai kebutuhan bisnis Anda. Dengan keahlian dalam custom software, web & mobile app development, serta integrasi sistem, kami memastikan teknologi yang andal, scalable, dan efisien untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda.
Lihat SemuaArsitek dan Konstruksi
Kami siap memfasilitasi konsumen dalam mencari design, mencari jasa builder, dan mencari material bangunan untuk pembangunan working space, town house, industrial kitchen, dan lain-lain. Sederet konstruksi dan interior project telah dilakukan, diantaranya Starbucks, Paul Bakery, Genki Sushi, Cold Stone, Housing Project, dan sebagainya.
Lihat Semua
Chasis merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan. Chasis sendiri berfungi sebagai tempat menopang mesin dan juga bagian-bagian yang ada dalam kendaraan. Dalam pembuatan chasis tentu diperlukan bahan material yang memiliki tingkat kekuatan yang tinggi.
Chasis merupakan kerangka dasar yang membuat dan menopang mesin dan bagian badan kendaraan mobil dapat bersatu menjadi kesatuan yang utuh. Chasis dapat diartikan sebagai tulang pada manusia. Oleh karena itu, chasis merupakan komponen yang sangat penting dalam membuat suatu kendaraan. Chasis sendiri terdapat dua jenis yaitu chasis leader frame dan juga monoque.
Sasis model ini terlebih dahulu populer di dunia otomotif. Nama ladder frame ini digunakan lantaran desainnya menyerupai tangga. Di beberapa kalangan, menyebutnya dengan istilah body on frame. Sasis ladder frame menggunakan dua buah batang besar yang diikat oleh cross-member pada bagian depan, tengah dan belakang. Kelebihan utama dari sasis model ini adalah lebih mudah dan murah untuk diproduksi. Tak hanya itu, konstruksi ladder frame juga memberikan ground clearance (dimensi kolong mobil) lebih tinggi serta lebih fleksibel dan kuat untuk menahan beban. Karena keunggulannya tersebut, sasis ladder frame kerap digunakan pada kendaraan seperti truk, pick-up hingga SUV yang berorientasi untuk off-road.Namun di balik itu, sasis ladder frame juga menyimpan kekurangan. Pertama, karena konstruksi sasis dan bodi yang terpisah, membuat bobot keseluruhan menjadi lebih berat.
Sasis model ini merupakan pengembangan lebih lanjut pada dunia otomotif. Monokok menganut konstruk antara sasis yang menyatu dengan body. Sehingga kada juga disebut dengan istilah unibody. Hal tersebut menjanjikan peningkatan pada kenyamanan dan handling kendaraan. Sehingga hampir semua mobil modern mengaplikasi sasis monokok. Di balik keunggulannya tersebut, sasis monokok juga punya sedikit kelemahan. Pertama adalah konstruksi yang lebih rumit, membuat ongkos produksi semakin tinggi. Selain itu, desain konstruksi monokok membuat ground clearance juga lebih terbatas, sehingga kurang cocok untuk diaplikasi untuk kendaraan off-road. Tak hanya itu, kemampuannya untuk menopang bobot berat juga tak sebaik sasis ladder frame. Maka dari itu, model yang umum menggunakan monokok adalah jenis sedan, hatchback, MPV , crossover hingga sportscar.
Referensi :